Tuesday, September 21, 2010

[Xenophobia] 'Multiply'

Haha, bukan (hanya) karena pingin dapat hadiah dari Mbak Lessy, namun seperti yang pernah saya sampaikan di komen saya ke mbak Lessy (kalo gak salah), bahwa saya memang sangat penakut dan memiliki ragam ketakutan. Tak hanya satu, kawaaan..
Oleh karenanya, sekalian menyelam nyari mutiara, so ketakutan - ketakutan ini akan saya urai menjadi cerita-cerita. Berharap bisa menjadi pelajaran untuk yang membacanya...
aamiin ^__^

Oia saya ambil sisi ketakutan saya yang sesuai dengan Xenophobia saja ya, dimana katanya Xenophobia itu adalah ketakutan terhadap sesuatu yang asing...

Pertama, saya sering takut dan gak pede berada di tempat yang baru. Kepribadian saya berubah total. yang tadinya rame ceriwis, dan gak bisa diam, mendadak menjadi anggun dan penuh wibawa, serta irit berbicara. Ahh ini mah wajar kali ya, banyak yang mengalaminya...

Kedua, saya juga takut mencoba hal-hal yang baru.
Percayalah, bahwa saya memerlukan waktu 3 tahun untuk belajar renang. Keberhasilan saya untuk bisa mengapung di dalam air ini karena kecintaan yang luar biasa terhadap air. Kalo bukan karena motivasi cinta itu, mungkin sampai saat ini saya masih berenang dengan gaya batu.
Motivasi lainnya untuk menaklukan ketakutan terhadap hal yang baru ini adalah adanya kebutuhan yang mendesak. Contohnya saya alami sendiri.
Sewaktu kecil saya tidak berani untuk belajar menaiki sepeda. Sejuta ketakutan menyelimuti hati dan jiwa saya. Hingga sepeda cantik-pun teronggok di gudang, menyedihkan . Hingga beberapa tahun kemudian saya merasa wajib untuk bisa mengendarai motor. Karena rumah saya yang terpencil di daerah lembah, sementara usia remaja saya merasa perlu bergaul dan berbelanja kepasar, maka saya merasa harus bisa mengendarai sepeda motor.
Bayangkan, betapa sulitnya seseorang yang tidak bisa menaiki sepeda untuk belajar motor. Orang lain yang sudah mahir sepeda, hanya memerlukan satu kali jatuh untuk bisa lancar menaiki motor. Saya perlu lebih dari 3 kali jatuh untuk bisa menaiki motor dengan aman sentosa . Dan setelah bisa menaiki motor, otomatis ketika saya pinjam sepeda sepupu, saya langsung lancar menaikinya... hahahah...
Alah bisa karena kepepet, mungkin peribahasa ini cocok untuku.

Ketiga, saya takut mencoba permainan baru yang memacu adrenalin saya. Dimanapun itu, baik di tempat bermain seperti Dufan, TMII dll, ataupun ketika outbound. Pertama kali datang ke Dufan, tiket terusan saya mubazir, terbuang tak berarti. Bahkan untuk naik bom bom car dan pontang - panting saja saya tidak mau .
Lalu ternyata di lain waktu saya berhasil menaklukan hampir semua permainan baru di Dufan. Kawan mau tau kuncinya? Kuncinya karena banyak teman-teman yang ngajakin dan malu kalo gak ikutan . Yup, kebersamaan dan perasaan ingin sama dengan yang lain ternyata bisa mengalahkan ketakutan kita terhadap sesuatu yang baru.
Begitupun setiap kali ikutan outbound, muka saya akan memucat karena ketakutan yang luar biasa akan tantangan baru yang harus saya hadapi di depan. Tapi perasaan ketika akhirnya berhasil menaklukannya membuat saya jadi pencinta outbound. Dan percayalah, si penakut ini pernah ingin ikutan pecinta alam semasa SMA, namun tidak jadi karena berbagai alasan.

Keempat, hemmh apa ya? Sebentar difikir dulu? Masih banyak sebenarnya ketakutan saya pada hal yang lain, tapi itu akan membuat saya nampak lemah di mata anda . jadi saya simpan saja dulu ya..

Btw, jangan protes kalo judul tampak tidak nyambung dengan isi. Maksudnya adalah Multi phobia, tapi biar keren dan agak -agak gimanaaa gt, jadi saya plesetkan menjadi 'Multiply'

Have a nice weekend teman-teman, semoga semuanya bisa mengalahkan ketakutan anda setiap harinya....


======
Kalo masih sempat mau ikutan lomba Mbak Lessy

No comments: