Saturday, January 14, 2006

udah lama gak nulis, sebenarnya banyak hal yang ingin dituliskan tapi setelah ada kesempatan menulis ko ya lupa?
oia tentang Jakarta-Bandung atau sekolah...
saat ini rencana kedepan saya terbagi 2 hal besar yaitu kerja atau sekolah, mana yang nyamperin duluan ya itu yang diambil. cuma ada beberapa hal yang masih menggangu fikiran dan bikin ga fokus ma tujuan. kalo merencanakan sesuatu itu kan baiknya benar-benar diniatkan, tapi rela masih separuh-separuh.
sepenuh hati..(cieeeee) rela betah banget di bandung, atmosfer-nya, orang-orangnya, semuanya lah walaupun ongkos dan biaya hidup di bandung tinggi. tapi kan di bandung lumayan udah "settle". hehe tipikal orang sunda banget ya? :D
nah, jadi karena cinta mati ma bandung, jadi kalo nyari kerja tu setengah-setengah. cari kerjaaan di bandung? susah, terus ga berkembang. jadi ya peluang paling besar ya di Jakarta. tapi ya gitu, ga niat kalo harus pindah ke jakarta. jadinya dilema, pingin sih ngerasain ritme kehidupan nyata di jakarta, dengan mobilitas tinggi dan keseriusan. kali aja militansinya jadi nambah, kaya orang-orang yang ada di Jakarta. mana shinta pernah ngomporin soal aktifitasnya dia di jakarta...(hehe afwan ya ukh jd dilibatin :">) . tapi takut juga, takut ga bisa balik ke bandung, mitosnya kalo udah ke daerah jabotabek, kerjaannya ga akan jauh-jauh dari sono. trus takut ga betah ma lingkungannya n ga cocok. trus takut stress ma macetnya walo di bandung juga macet. trus takut apalagi yah? banyak deh ! pinginnya nyobain ajah 1 bulan di jakarta trus balik lagi ke bandung. hehehe emangnya "perusahaan" punya nenek moyang lu! :p
nah bingung kan?
so give me a million reason, that Jakarta is a better place to live...

trus selain ngelamar kerja juga nunggu dilamar..weitsss......kelepasan ^_^ boong deng bukan itu yang mo diomongin, tapi ...selain kerjaan, rela juga ngelamar buat sekolah S2 di
1. Jepang...ato
2. Jerman...ato
3. Belanda...ato
kalo ga dapet tiga-tiganya balik lagi ke almamater...hehehe...dijadiin pilihan terakhir...
kenapa 3 negara itu dan ga negara yang lain, karena "gosipnya" disana udah banyak "sodara-sodara" yang kuliah or tinggal disana. jadi kalo rela aga nakal sedikt bisa minta di"takol"in ma mereka, u know takol? takol is a kind of fruit...ga deng ditakol itu sejenis dipukul. trus kabarnya di 3 negara itu sudah lumayan 'save' buat wanita ber'hijab' kaya rela, jadi kan kalo sekolah tanpa muhrim masih aga aman. bandingkan kalo ke prancis, inggris atau amrik n aussie, seremmmm kalo sendirian. oia tapi ada tambahan alasan kalo ke jepang, rela pingin bisa gambar komik hihihi ga nyambung ya? sama penasaran ma karakter orang-orang disana, mirip ma komik-komiknya ga ya? yang bodor, oon tapi seru.
cuma...ada beberapa hambatan external dan internal.
hambatan external adalah, si Aa (my big brother) tetep ga setuju kalo rela ngambil S2, alasannya bodor. " takut susah dapet suami". nah lho, emang Allah ngasi "rizki" diliat udah ngambil S2 apa blom? ngga kan? itu alasan pertama, alasan kedua, khawatir kalo rela pgi tanpa muhrim, rela ga bisa survive. jangankan keluar negri, rela kerja di jakarta ajah khawatir. alasanya " kamu mah disuruh ke pak RT aja minta anter!". hehehe itukan masalahnya males basa-basi :P . dengan 2 alasan itu, makanya dia ngusulin udah S2 nya ke mesir atau madinah ajah. kalo ke mesir ada sepupu, kalo ke madinah soalnya dia tau ga akan ada ijin sekolah ke madinah kalo ga punya muhrim. alias dia mo "maksa buat nikah" hehehe (merit againalasannya....: ( ). tapi kan beurat kalo ke-2 negara itumah, hapalannya bo! udah gitu mo ngambil S2 apa, keagamaan? dasar yang rela punya soal keagamaan minim banget, cuma pas di madrasah ajah. lagian bisa gitu dari eksak ke agama? sementara kalo sekolah umumnya, katanya bagusan di Indonesia daripada di Mesir. tu kan sama aja boong.
tapi jadi nyadar, ternyata gitu ya kalo jadi wali (wali selain bapa), bawaannya khawatir ajah, padahal Eteh ma Teh Ima- mah saudari perempuan rela ga khawatir-khawatir amat. Mamah dan Apa juga udah ngijinin. Cuma si Aa ajah yang aga-aga ga restu. tapi itumah masih bisa di lobi....insyaAllah. hehe doakan ya...biar lobinya lancar. bisa sih tetep "keukeuh" pgi (kalo udah dapet sekolahnya), tapi kalo tanpa restu kan ga enak juga. maunya direstuin n didoain....

hambatan internalnya, bukan hambatan sih, tapi keraguan. setelah S2 itu mo ngapain?
jadi rencana hidupnya cuma sampai S2, abis itu....ga terang-terang amat alias aga gelap.
i mean urgensi nyelesain S2 apa ?
perubahan apa yang bisa rela buat dengan itu?
apa bedanya rela S2 dengan rela S1?
alasan pingin sekolahnya?
ya pingin nuntut ilmu lagi, belajar lagi, jujur kangen sama masa-masa kuliah. walopun katanya kalo s2 ga serame s1.
mmh pinginnya sih ngambil yang bukan matematika lagi, tapi aga susah kalo "keluar". jadinya ngambil applied math, tepatnya MathBio. tapi kalo akhirnya s2 di indonesia atau di almamater pinginnnya berbelok ke manajemen, ekonomi syariah atau sesuatu yang lebih aplikatif.

tapi tujuannya itu lho belum mBULED.....masih penyok-penyok bahkan ada bagian yang bolong yang masih belom bisa dijawab ma kata hati rela...
trus ada juga ketakutan, takut ga bisa beradaptasi n ga bisa ngikutin pelajarannya.
rela kan ga pinter-pinter amat, ga jenius...kalo nti ga bisa ngikutin, kasian pak edy yang udah ngasi surat rekomendasi, kasian itb yang jadi almamater, ntar anak itb di black list gara-gara rela...hiks....
ya intinya itu...masih ragu..ragu...
so give me a million reason why i should take a master degree...

5 comments:

Unknown said...

wah....shnta disebut-sebut nih..

semoga diberikan yang terbaik,

jakarta memang kota yg ruwet,pusing, crowded..tapi, perlu dicoba tuh, buat mnguji sejauh mana "kematangan" kita (telor kali, mateng :D)

yeah, wherever, ada saatnya kita perlu mncoba mninggalkkan zona aman, supaya jadi lebih struggle..right?

kali aja, ketemu jodohnya bukan di bandung..hehe..

Unknown said...

ragu2 itu datangnya dr setan lo. so, sebelum memulai sesuatu, kita mesti bikin mimpi yg pasti, jd udah jelas sasarannya kemana.

selama belum jelas, kita juga ga akan mantap memulai sesuatu. akhirnya ga maju kemana-mana deh

semoga diberikan yg terbaik ya, ukhti..
miss u so much ^^

Awan Diga Aristo said...

Assalamualaikum...

alasan kenapa jakarta lebih baik?? mmm... sebenernya... menurut saya sih... ga ada :p
tapi memang, sepakat sama shinta. Kalo mau mematangkan diri, Jakarta bisa jadi pilihan (walaupun ini juga bukan premis yang mutlak... karena kematangan lahir bukan semata dari tempat, tapi dari kemampuan memberi makna atas apa yang dialami, dimanapun)

Kenapa S2? Nah, ini belom bisa ngasi pertimbangan, berhubung sy sendiri sampe sekarang belom ada niatan S2 (buat ukuran anak ITB, aneh ya???)

so... selamat mengambil keputusan...

^angie^ said...

Kenapa Jakarta?
Kalo Angie disuruh milih kerja dimana, emang bakal milih Jakarta. Selagi bisa, Angie gak mau setengah2. Kan Rela sendiri yang bilang, di Bandung susah berkembang. Angie merasa kalau di kota besar lebih kompetitif, semangat untuk maju lebih besar, jadi lebih berkembang.

Tentang sekolah, jangan salah lho...di Inggris juga banyak kok jilbaber, baik dari negara2 lain yang sekolah di sana ataupun orang Inggris-nya sendiri.
Angie rekomendasiin Belanda emang, karena ngeliat di Belanda orang sononya aja banyak yang berjilbab.

Tapi yah...apapun yang mau dipilih, bulatkan niat dulu.

Anonymous said...

Best regards from NY! » » »